Senin, 05 Februari 2018

Sayangi Recehmu



Dalam keseharian kita sering mendapatkan uang receh atau pecahan kecil, seringnya sih kembalian belanja. Bisa pecahan 100, 200, 500, atau 1.000 rupiah. Dan seringkali kita anggap remeh, ya udah aja dimasukkan ke sela-sela dompet dan terlupakan.

Padahal itu uang loh! 

Artinya ya jangan disepelekan begitu aja.

Daripada tercecer sia-sia, masukkan ke celengan deh. Si receh nan sedikit itu kalau dikumpul dengan tekun hasilnya bisa jadi sangat banyak.

Bisa semua nilai receh kita tabung di celengan, bisa juga kita pisah, misal kita hanya mengumpulkan yang pecahan 1.000 saja, atau pecahan 500 dan 1.000 saja. Untuk pecahan yang lebih kecil suka terpakai di urusan pernak-pernik harian.

Nah, coba setelah seharian beraktivitas kita biasakan membersihkan dompet kita atau saku-saku kecil di tas yang biasanya tempat kita menaruh uang receh. Dan uang logam yang kita dapatkan di hari itu langsung kita masukkan ke celengan. Selain membuat tas kita jadi lebih bersih, juga "memaksa" kita untuk ingat menabung.

Menabung jadi terasa "berat" jika kita tidak punya tujuan. Coba tetapkan tujuan-tujuan sederhana atas tabungan uang receh kita ini. Misal ingin terkumpul sejumlah uang untuk tiket pergi pulang liburan ke Bali, atau bisa apa saja sesuai kebutuhan kita. Nah supaya tujuan menjadi jelas, tetapkan target waktu, misal tabungan receh ini periode Januari sampai Desember tahun ini, atau periode dari Lebaran tahun ini sampai Lebaran berikutnya, jadi beli baju Lebaran nggak usah ganggu THR (Tunjangan Hari Raya) melainkan bisa dari tabungan receh ini.

Menyenangkan banget loh bisa mendapatkan kebutuhan kita tanpa mengeluarkan "uang besar", dan tanpa terasa tabungan atas uang yang nilainya kita anggap kecil ternyata bisa jadi berguna.

Dicoba deh. Because small money is not small issue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar