Senin, 05 September 2016

Theo Turns Three Years Old


Menceritakannya, di usianya yang kini 3 tahun, adalah kisah yang panjang.

Sangaaatttt panjang...

Saya hamil untuk keempat kalinya saat itu. Tiga kali sebelumnya gagal dengan kisah :

1. Janin tidak berkembang saat usia 10 minggu, dikeluarkan dari rahim dengan saya minum obat yang mendorong saya kontraksi dan janin keluar lewat "jalurnya".
2. Janin "nyangkut"di saluran tuba falopi, dan keluar dengan cara saya operasi caesar, sekaligus memotong saluran tuba falopi saya yang kanan. Usianya saat itu sekitar 6 minggu.
3. Janin tidak berkembang, usia sekitar 7 minggu, dan dikeluarkan dengan kuret.

Jadi saya sudah pernah merasakan kontraksi normal, operasi caesar, kuret. Dan semuanya tidak membawa pulang bayi.

Dan jarak antara satu kehamilan ke kehamilan berikutnya cukup lama, kisaran 1-1,5 tahun. 

Saya mungkin jenis emak yang ga mudah hamil ya? :)

*kalau mengisahkannya sekarang sih udah lossss, lega aja. Dulu waktu mengalaminya, fiuuuhhh... tahun-tahun hidup yang penuh drama.

Dan kemudian saya hamil untuk keempat kalinya.

Jujur, itu bukan kehamilan yang direncanakan atau diprogramkan seperti kehamilan-kehamilan sebelumnya yang memang saya niat banget hamil. 

Saya test kehamilan nya aja bukan di pipis pertama seperti saran di kemasan test pack kehamilan, melainkan sekitar jam 10 pagi, di toilet kantor.

Waktu tahu positif hamil, saya nangis dong. Nangis ketakutan. Takut gagal lagi.

Gagal melulu hamil rasanya saya kena kutuk ga layak jadi ibu. Sungguh, ada fase begitu di masa hidup saya.

Kemudian kondisi kehamilan saya juga tidak mudah, saya sedang dalam kondisi hubungan yang kacau, pressure dari keluarga dan lingkungan, juga pekerjaan yang menggila dan karir yang kacau. Situasi hamil yang ga seindah gambaran perempuan hamil di iklan susu hamil lah...

Tapi deep inside, saya sangat sayang dengan janin keempat ini, saya bersyukur amat sangat dengan kebaikan Tuhan dalam hidup saya.

Kemudian lahirlah bayi lelaki ini.

Saya namai Tyaga Theo Ethan Ganesh.  

Jakarta, 28 Agustus 2013. Hello, world... 

Waktu berjalan dengan segala up and down nya jalan kehidupan kami.

Saat usianya 2 bulan Theo terdeteksi mengalami mikrosefalis. Bagaimana treatmentnya nanti saya share di tulisan lainnya ya.

Dan 28 Agustus lalu ia berusia 3 tahun.

Ucapan syukur kami lakukan di Sekolah Minggu, kepada para Tetangga di sekitar rumah, dan hari Selasanya, saat dia sekolah, kami bagikan ucapan syukur ke teman-teman sekelasnya.

Tidak ada perayaan khusus. Hanya saat tanggal 28 Agustus sore kami sekeluarga tiup lilin dan potong kue ulang tahun. Itu pun Si Bulet Anak Baik -panggilannya- sudah senang banget. Asal ada lagu "Panjang Umurnya" dan lagu-lagu ulang tahun lainnya, selesai... bahagialah dia. Simple ya membuat anak bahagia :).

Tuhan Maha Pengasih baik banget sama saya.

Anak ini.... segalanya...

My 3 years old young man 

 -nova-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar