Senin, 08 Januari 2018

Nabung Dulu Baru Belanja




And so, since I'm a Certified Financial Planner and would like to spend more of my energy and effort on personal financial issue, let  me write blog posts also on this issue, please :).

Ada baaaaanyyaaaakkk... sekali topik tentang perencanaan keuangan. Saya ingin share pengetahuan dan pengalaman saya di industri keuangan selama 12 tahun terakhir ini dengan my blog fellow readers. Niatnya begitu.

Diawali dengan bagaimana menabung ya...

Sering kita bingung ketika kita menerima gaji atau income (misal untuk para freelancer) dipakai dulu uangnya atau bagaimana ya?

Saya pasti selalu menyarankan menabung dulu.

Setiap kali kita menerima gaji, maka pisahkan dulu 10% LANGSUNG untuk ditabung.

Kenapa 10%? Well, jika bisa lebih, lebih baik. Tapi setidaknya 10%.

Ok, I know melakukannya tidak semudah menuliskan saran ya. Tapi hal terkait uang memang sulit di awal. Saat menjadikannya kebiasaan dengan tingkat disiplin yang komit, maka kita akan merasakan manfaatnya. Uang tuh energi, dan pemanfaatan energi dengan cara yang benar akan membawa manfaat yang maksimal.

Jadi jangan begitu terima gaji kemudian dipakai dulu, dan di akhir bulan baru (berusaha) dipisahkan sisanya. Kejadiannya biasanya malah nggak ada sisa.

Terus, bagaimana untuk bisa disiplin memisahkan uang?

Di berbagai bank besar biasanya sudah ada produk tabungan yang autodebit sejumlah uang dari rekening utama. Bahkan beberapa bank memberikan paket hadiah untuk nilai tabungan tertentu.

Dengan meng-auto debit-kan setidaknya 10% dari gaji atau penerimaan kita, maka kita juga jadi punya semacam peace of mind bahwa well, okay apapun yang terjadi di muka bumi ini, saya udah nabung :D.

Cobain deh, dan komitmen diri sendiri untuk disiplin menabung 10% di awal terima gaji. Dan kita meneruskan hidup dengan sisa uang setelah "dipotong" untuk tabungan.

Bisa dijadiin resolusi 2018 nih. Setidaknya kita mencoba komit untuk membenahi keuangan kita. Peace of money tuh jadi peace of mind juga loh :).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar