Senin, 22 Januari 2018

Skala Prioritas Keuangan




I had this conversation with my friend, when we discussed about her plan to buy a new car or to pay her personal loan in bank.

Seperti piramida Maslow di Psikologi, di urusan keuangan ini ada nggak sih piramida nya juga, or sort of. Apa ada basic need dulu yang dipenuhi baru kemudian naik ke level piramida berikutnya.

Secara teorinya sih ada beberapa versi tentang financial pyramid ini. Tapi dalam pengalaman saya selama ini agak sulit ya menemukan orang dengan kondisi keuangan seideal piramida keuangan. Dan memang agak sulit juga pada praktiknya kalau urusan finansial di-piramida-in.

Kita harus membayar hutang dulu, atau membentuk dana darurat dulu, atau beli rumah dulu, atau persiapan dana pendidikan anak dulu atau bagaimana nih?

Well, menurut saya setiap orang harus sadar dulu kebutuhan dan tujuan keuangannya apa. Financial planning memang kurang seusai untuk digeneralisir ke semua orang.

Ada beberapa teman yang kemudian menjadi klien saya memang minta dibuatkan perencanaan keuangan yang menyeluruh, mulai dari neraca, arus kas, perencanaan investasi, asuransi dan manajemen resiko, hingga perencanaan pensiun. Dan itu berarti diskusi, keterbukaan, dan analisa serta saran menyeluruh.

Tapi ada juga beberapa teman yang diskusi dengan saya untuk tujuan keuangan tertentu, misal khusus tentang pelunasan hutang, khusus tentang perencanaan pendidikan anak, khusus tentang rencana membeli rumah, dan sebagainya.

Lalu apa itu berarti mereka yang memiliki tujuan khusus tersebut telah melewati tahapan tertentu? Misal yang merencanakan pendidikan anak, apa berarti dia sudah tidak punya hutang? Atau yang merencanakan pembelian rumah berarti dia sudah  aman dana daruratnya?

Nggak juga.

Idealnya memang kita menyelesaikan hutang-hutang, kemudian membangun dana darurat, kemudian investasi, dan seterusnya.

Tapi itu kan idealnya versi indah kehidupan :).

Jadi pembahasan tentang perencanaan keuangan memang sangat sangat sangat bergantung pada kebutuhan setiap individu, tapi secara garis besar dapat dirangkum dalam berbagai tips dan saran yang akan saya ulas di blogpost-blogpost berikutnya ya.

Saya menemukan passion saya di dunia perencanaan keuangan ini. Sangat. Jadi blogpost-blogpost saya akan berisikan utamanya tentang financial planning, selain tentunya hal-hal terkait personal life ataupun life style.

Cheers to a beautiful Monday :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar