Senin, 11 Desember 2017

Kreasi Dengan Hati



 pic source : pinterest.com

Pertengahan tahun lalu saya baru menyadari bahwa saya tidak punya keterampilan, dan saya gelisah. Iya, saya gelisah karena sadar saya nggak punya keterampilan :).

Menjawab kegelisahan itulah saya kemudian ingat-ingat lagi semaksimal mungkin apa keterampilan yang bisa saya lakukan ya?

Nggak ada dong. Hahahaha.... Serius. Saya nggak punya keterampilan, loh ternyata. Ada orang yang bisa masak dan masakannya enak. Ada orang yang bisa menjahit. Ada orang yang bisa merias. Variasi kegiatan bisa apa saja, baik jasa ataupun menghasilkan produk.

Saya tuh nggak bisa loh keterampilan begitu.

Eh buset,  gegana -gelisah galau merana- banget deh udah setua ini baru ngeh nggak punya keterampilan.

Then i asked myself what do I like? Coba ingat-ingat masa sekolah dulu pelajaran keterampilan apa yang saya menikmati prosesnya , bukan stress menyelesaikan tugasnya.

Anything connected with floss or thread.

Per-benang-an.

Maka saya pun cari-cari workshop singkat yang sekiranya saya suka. Saya terusin deh kegiatan-kegiatan saya sebelumnya untuk rajin ikut workshop. Maka sepanjang 2017 ini saya mengikuti workshop :

- Shibori (meneruskan workshop shibori yang tahun lalu).
- Sashiko
- Kogin
- Weaving
- Embroidery
- Loop of yarns
- Macrame.

Saya sendiri aja bingung dengan betapa rajinnya saya mengikuti aneka workshop itu hahaha...Tapi yang saya rasa dan sadari, saat mengerjakannya -mulai dari ide, membuat pola, memilih tema warna, mengerjakan, sampai jadi hasil akhir, saya senang banget, nyaman banget, dan bisa somehow jadi lebih calm gitu. Enak deh berkarya handmade yang dijalankan dengan bahagia dan pakai hati. Eciyeeee... Tanpa saya sadar ini jadi semacam stress relieve juga buat saya, karena saat mengerjakannya saya tenang dan nggak bisa grasa-grusu. Kudu sabar pisan...

Saya juga jadi secara serius follow akun sosmed para pro crafter di bidang-bidang itu. Kebanyakan orang Jepang untuk shibori dan sashiko, para crafter dari Eropa untuk macrame, weaving, dan loop of yarns. Saya beneran pelajari hasil karya mereka, terkagum bengong lihat kerennya hasil karya mereka dan salut dengan pilihan mereka menjadikan this handmade craft things sebagai kegiatan yang serius.

Saya sukaaaa..... :)
Dan sekarang mulai berkarya.

Tuh kan, nggak ada kata terlambat untuk memulai belajar. 

Terus karya itu mau saya jadiin apa?

Nah ini dia urusannya, nggak tahu. Hahahaha...

-nova-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar