Jumat, 22 Desember 2017

Menjual Barang Bekas Layak Pakai


  pic source : magicfreebiesuk.co.uk


Blogpost kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya yang masih amat sedikit ini menjual barang-barang bekas layak pakai.

Jadi ceritanya karena ingin hidup lebih minimalis, saya melakukan declutter atas personal belongings saya. Mostly pakaian dan aksesoris yang masih amat sangat layak pakai, I just simply don't use or wear it anymore.

Saya kemudian mulai berkenalan dengan platform penjualan used items seperti OLX dan Carousell.

Dan so far, sejak intensif declutter pertengahan tahun ini saya berhasil menjual cukup banyak pakaian, jam tangan, tas, dompet, sepatu, kamera, laptop, buku, dan beberapa hal lain, bahkan meja dan rak-rak ex bazaar yang sudah tidak saya gunakan lagi.

Hasilnya?

LUMAYAN BANGET.

Awalnya saya fokus menjual meja, rak-rak display ex bazaar/ counter usaha saya. Jadi memang niatnya ya sudahlah ya yang penting terjual, nggak menuh2in rumah, dan syukur bisa jadi uang. Kemudian saya mulai menjual pakaian dan aksesoris pribadi saya, dan "meracuni" adik-adik saya untuk yuk coba lihat deh, personal belongings mana yang sebenarnya sudah tidak mereka perlukan dan tidak pakai, sini jualin aja.

Dan somehow melayani chatt dengan orang-orang dari antah berantah yang bertransaksi dengan saya, dengan aneka cara menawar, sampai memastikan cek pembayaran, mengajarkan saya banyak hal tentang prakteknya berjualan online.

Jadi nambah pengetahuan.

Ternyata saya yang dulu sama sekali nggak tertarik dengan used items, menjadi sangat tertarik ketika menyadari bahwa barang-barang kita lebih dibutuhkan dan sesuai untuk orang lain dibanding kita simpan berlama-lama dan toh nggak jadi apapun juga.

Saya baru coba dua aplikasi itu sih ; OLX dan Carousell.

Kalau di OLX enaknya lumayan banyak yang lihat iklan kita, terus ada fitur beli slot iklan untuk di-high light selama periode tertentu sehingga kemungkinan iklan kita dilihat orang lebih besar.

Kalau di Carousell enaknya menurut saya simple ya. Nggak pakai high light segala, ada aja sih barang yang berhasil saya jual di Carousell juga.

Beda aplikasi beda ketentuan sih ya.

Tapi intinya kedua aplikasi itu lumayan banget dioptimalkan untuk menjual preloved items kita.

Saran saya sih benar-benar barang yang mau kita jual adalah yang memang masih amat sangat layak ya, jangan yang udah nggak oke. Karena kalau saya sih menempatkan diri juga di posisi calon pembeli, apa iya ada yang mau membeli barang yang kondisinya sudah nggak banget?

Saran berikutnya perihal harga, set harga yang ya udah emang kita jual barang itu karena untuk mengurangi stuffs at home gitu, bukan yang dalam rangka mengingat harga belinya dulu berapa. Kalau memang masih sayang sama barang tersebut sebaiknya nggak usah dijual, takut entar patah hati sama tawaran dan calon pembeli yang ih suka tega deh.

Dan oh ya, set harga awal agak di-up ya, karena dipastikan 99,99% calon customer akan menawar walau kita sudah jelaskan itu fixed price hihihi...

-nova-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar